MATARAM – Sebanyak 1.685 personil polisi dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke 25 di Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), 27 Juli – 7 Agustus 2016. Jumlah tersebut berasal dari Kepolisian Daerah NTB, Kepolisian Resort Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur.

Jumlah tersebut belum termasuk personil bantuan TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Pemuda Hamzanwadi Nahdlatul Wathan, Pemuda Ansor, Pramuka, Resimen Mahasiswa dan pamswakarsa Dharma Wisesa.

Keterlibatan personil tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Operasi Polda NTB Komisaris Besar (Kombes) Maningka Jaya sewaktu rapat kordinasi yang dipimpin Inspektur Pengawas Polda NTB Kombes Kombes Pol. I Gde Alit Widiana, Senin 18 Juli 2016. ‘’Pengamanan dilakukan sejak kedatangan hingga kepulangan tamu,’’ katanya.

Melalui keterangan pers tertulisnya, Wakil Ketua III Panitia Penyelenggara MTQ Lalu Gita Ariyadi yang sehari-hari menjabat Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretaris Daerah NTB, menyebutkan MTQ akan dihadiri tamu VVIP mulai dari Presiden dan Wakil Presiden, Duta Besar negara sahabat, Alim Ulama se dunia yang akan menghadiri Konfrensi Rabithah Alam al Islamy, para menteri dan gubernur seluruh Indonesia, kafilah. ‘’Juga penggembira hingga masyarakat yang ingin menikmati kemeriahan MTQ,’’ ujarnya.

Pengamanan dilakukan mulai di lokasi hotel, di venue lomba, pengawalan di jalan raya hingga pengamanan di destinasi pariwisata maupun sentra-sentra kerajinan rakyat yang pasti akan dikunjungi kafilah dan penggembira.

Rapat kordinasi tersebut juga membahas secara detil lokasi parkir dan rekayasa lalu lintas pengalihan jalur pada saat pawai ta’aruf, pembukaan dan hingga penutupan MTQ.

Gde Alit Widiana memerintahkan Kepala Bidang Humas Polda NTB Ajun Komisaris Besar Tri Budi Pangastuti untuk lebih gencar mempublikasi dan mensosialisasikan jadwal perubahan jalur baik melalui media cetak maupun elektronik termasuk lewat radio swasta. ‘’Agar masyarakat segera bisa menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi,’’ ucapnya.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here