MATARAM – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyampaikan ceramah kebangsaan di Graha Bakti Praja Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Kamis 7 Mei siang. Temanya Peran Abdi Negara Dalam Mewujudkan Indonesia Yang Maju dan Berketahanan Nasional Yang Kuat.

Menurut Gatot Nurmantyo, sebagai bangsa harus senantiasa kuat dan siap atas segala perubahan yang terjadi. Karena segala perubahan yang terjadi baik di tingkat nasional maupun internasional tentu akan membawa implikasi terhadap upaya mewujudkan Indonesia yang maju dan berketahanan nasional yang kuat.

Disebutnya, menjadi tantangan bersama seluruh bangsa, utamanya para abdi negara untuk melakukan adaptasi dan melahirkan gagasan baru yang sesuai dengan berbagai tantangan dan bahkan ancaman yang kita hadapi. ‘’Diantaranya Proxy War yaitu perang melalui berbagai aspek berbangsa dan bernegara,’’ katanya.

Sebagai abdi negara, ada beberapa hal konkrit yang bisa dilakukan untuk menangkal proxy war. Diantaranya dengan mengasah kepekaan dalam mengidentifikasi musuh dan kepentingannya, mengembangkan kehidupan bangsa yang lebih sehat dan bertanggung jawab, membangkitkan kembali semangat dan budaya gotong royong, serta mengembangkan program pembangunan karakter bagi semua generasi muda, seperti kegiatan KNPI, Karang Taruna, dan Pramuka.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur NTB Muhammad.Zainul Majdi, Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Torry Djohar Banguntoro, Komandan Kores 162/Wira Bhakti Kol. CZi Lalu Rudy Irham Srigede, Kepala Polda NTB Brigjen Pol. Sriyono.
.
Zainul Majdi mengatakan kehadiran TNI ke daerah sangat perlu dan sebaiknya sering dilakukan. Ia sangat mendukung kehadiran TNI yang langsung ke daerah, baik dalam kegiatan pokok maupun kegiatan lain yang semuanya bermuara untuk bersama-sama menyukseskan pembangunan nasional.
‘’Ada banyak manfaat yang didapatkan jika TNI lebih sering turun ke daerah,’’ ujarnya.

Diantaranya akan semakin memperkokoh kemanunggalan TNI bersama rakyat. Disamping itu, kehadiran TNI juga akan sangat berperan menyukseskan program nasional yang dilaksanakan di daerah. Ketika program nasional diharapkan dapat berhasil dengan baik, maka seluruh elemen dan segala sumber daya nasional harus berperan. Tidak dapat dipungkiri bahwa TNI merupakan salah satu elemen pokok dari sumber daya nasional yang kita andalkan.

Zainul Majdi juga menjelaskan, aktifitas TNI, maupun instansi vertikal lainnya di daerah tentunya akan sangat bermanfaat. Saat ini dengan sistem pemerintahan yang bersifat otonomi daerah yang memungkinkan berbagai hal terjadi di daerah, diantaranya penyemaian bibit-bibit pimpinan di daerah, diikuti dengan semakin besarnya peluang masyarakat untuk menyampaikan gagasannya secara lebih partisipatif.

Namun di sisi lain otonomi daerah juga menghadirkan berbagai tantangan yang harus disikapi dengan baik. Dengan adanya keleluasaan untuk menyemai bibit pimpinan di daerah, jangan sampai tercipta raja-raja kecil yang menguasai daerah. Untuk itu, dirinya berharap semua proses pembangunan di daerah berjalan lancar, dan daerah akan dipimpin oleh pimpinan yang baik. Untuk itu, dengan hadirnya instansi vertikal di daerah dengan lebih intensif, seperti kegiatan TNI kali ini, yang lebih membaur dengan masyarakat, diyakini dapat menjadi perekat dan mampu meminimalisir apa yang disebut sebagai primordialisme. Sehingga pada akhirnya ketahanan suatu bangsa, wawasan kebangsaan akan tetap hidup.

Selanjutnya, pada kesempatan akhir ia menyatakan kesiapannya semaksimal mungkin untuk mendukung segala bentuk program TNI yang bisa disinergikan dengan pemerintah daerah.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here