MATARAM – Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dipusatkan di Lombok Barat, Kamis 7 Mei 2015 pagi. Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI Gatot Nurmantyo membuka secara resmi TMMD ke-94 tahun 2015 didampingi Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi di Lapangan Bencingan Kabupaten Lombok Barat.

Dalam pidatonya KASAD TNI mengatakan, NTB merupakan pusat pembukaan program TMMD ke-94 tahun 2015, dari 64 lokasi pelaksanaan program TMMD di Kabupaten/kota se-Indonesia. Diantaranya dilakukan di Desa Pelangan Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.

Fokus dari pelaksanaannya adalah pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan dalam menunjang aktivitas masyarakat di Desa Pelangan. Selain itu juga akan dilakukan pembinaan non fisik yakni dengan memberikan wawasan kebangsaan, bertujuan untuk meningkatkan kerukunan umat beragama dan mencegah terjadinya radikalisme di tengah-tengah masyarakat.

Gatot Nurmantyo menjelaskan bahwa program TMMD merupakan kelanjutan dari program ABRI masuk desa. ‘’Tujuan dari program ini adalah untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong di tengah-tengah masyarakat,’’ katanya.

Dalam pelaksanaan program TMMD selama ini, dampak yang di rasakan dari pelaksanaan program tersebut cukup optimal. Terutama dalam membantu akselerasi pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia.
Terkait dengan program TMMD, TNI akan terus melakukan evaluasi, hal itu untuk mewujudkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Sehingga Tri Sukses TMMD dapat dicapai dengan baik, yakni sukses dalam penyelenggaraan, sukses kemanunggalan TNI bersama rakyat, dan sukses budaya gotong royong di Indonesia.

Dalam kesempatan itu dilakukan penyerahan alat kerja secara simbolis oleh KASAD kepada Komandan Kodim Lombok Barat, sebagai tanda di mulainya program TMMD ke-94 tahun 2015 di Kabupaten Lombok Barat. Selain itu, juga diserahkan bantuan traktor kepada petani oleh Muhammad Zainul Majdi yang merupakan sinergitas dari Kementrian Pertanian dalam Program TMMD ke-94 tahun 2015.

Sisi lain dari kunjungan juga menyempatkan memantau pelaksanaan pengobatan massal. Gatot Nurmantyo dan Zainul Majdi ikut serta mendonorkan darahnya. Gelaran pengobatan massal diantaranya donor darah, pengobatan umum dan gigi, sunatan massal dan pemeriksaam mata dengan membagikan kacamata secara gratis.(sk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here