Lombok Sumbawa Online

Jual Link/Bandwidth IIX & Internasional Utk Seluruh Indonesia
call. 081-3535-70001 www.andira.co.id
Google
 
Thursday, 15 August 2013 • DAERAH

MATARAM - Puluhan ribu warga Lombok tumpah ruah di kawasan wisata Senggigi Lombok Barat, Kamis 15 Agustustus 2013. Mereka bersuka ria rekreasi dalam tradisi Lebaran Topat (ketupat) khas Sasak Lombok. Mereka memadati sepanjang pantai mulai dari pantai Batu Layar hingga sejauh lima kilometer di Senggigi.

Di pinggir pantai Duduk, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat juga secara resmi mengadakan perayaan Lebaran Topat yang memang menjadi penyelenggara tetap sejak 23 tahun lalu. Di sana, Bupati Lombok Barat Zaini Arony, Wakil Bupati Mahrip termasuk pejabat TNI dan polisi hadir melakukan Begibung (makan bersama lesehan) menikmati ketupat lengkap dengan menu tradisional khas Sasak seperti lauk Nyiuh (sambel kelapa mentah) dan pelalah ayam atau daging yang puncaknya sebagai makanan kenduri.

Zaini Arony menyebut lebaran topat sesuai tradisi Sasak di Lombok adalah Lebaran Nine (perempuan) setelah berakhirnya puasa Syawal. Sedangkan lebaran Idul Fitri adalah Lebaran Mame (laki-laki) setelah puasa Ramadhan. ’’Ini adalah perayaan kultural. Ini khazanah lokal,’’ kata Zaini. Di Lombok, lebaran topat juga dikenal sebagai lebaran adat dan lebaran kiyai - setelah dilakukan rowah (kenduri) di masjid pada pagi harinya.

Rangkaian acara Lebaran Topat ini didahului oleh prosesi Nyangkar oleh para pemuka adat Kecamatan Batu Layar kompleks makam Batu Layar yang berada di ketinggian 30 meter dari laut. Seorang budayawan setempat Abdul Hamid Hamzah, tradisi lebaran topat ini agar tetap berlangsung bersamaan berkembangnya kepariwisataan di Lombok Barat. Menurutnya, ada keluarga wisatawan Amerika Serikat yang ingin tetap diundang datang ke Lebaran Topat ini. ’’Tradisi perayaan Begibung hanya ada di sini,’’ ujar Hamid.

Secara tradisi, setelah warga melakukan rowah di masjid, mereka pergi ziarah ke makam - makam yang dikeramatkan untuk melakukan bayar niat Bejamnjam (basuh muka) anaknya dengan niat syukur keluarganya dalam keadaan sehat.

Ziarah makam Batu Layar dipercayai sebagai tempat mendaratnya Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami sekitar abad 17 dan kubur istrinya selaku penyebar Islam di Lombok.(sk)

No Comments »

No comments yet.

Leave a comment








Recent Comments
» KAPAS TEMUAN BATAN DITANGKARKAN DI LOMBOK BARAT
08/30/2014 10:17 am | 4 Comments
» Pergantian Tahun 2013 Di Kawasan Pantai Senggigi
08/28/2014 09:12 am | 1 Comment
» Pemkot Mataram Akan Benahi PKL Liar
08/25/2014 07:38 am | 2 Comments
» Jet Star Tutup Rute Perth - Lombok, BPPD Rintis Bandung - Lombok
08/16/2014 01:58 pm | 3 Comments
» KONTRAK KARYA TAMBANG BATU HIJAU DIUSULKAN DIUBAH
08/08/2014 06:20 pm | 2 Comments
Lomboknews.com - 2012 - Media Lombok - Developed by andiraweb.com