Lombok Sumbawa Online

Jual Link/Bandwidth IIX & Internasional Utk Seluruh Indonesia
call. 081-3535-70001 www.andira.co.id
Google
 
Monday, 28 November 2011 • DAERAH

MATARAM - Mulai Senin (28/11-2011) pagi tadi, 20.000 batang pohon lokal Nusa Tenggara Barat (NTB) ditanam di areal seluas 50 hektar di kompleks Bandara Internasiona Lombok.

Penanaman tersebut dilakukan oleh Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi yang menanam pohon Ketapang (Terminalia Catapa). Selain itu juga ditanam pohon Sentul, Trembesi dan Rajumas.

Dikatakan bahwa cara terbaik untuk situasi aman untuk minimalisir pertikaian dengan gerakan menanam. Selama ini sudah menghasilkan padi. Air dibutuhkan untuk keanekaragaman tanaman agar semakin hijau dan terjamin sumber daya air. Di Lombok, untuk keperluan omprongan tembakau, pengganti minyak tanah telah dilakukan penanaman pohon yang diharapkan kayunya.

Daerah Desa Tanak Awu sekitar BIL sebelumnya sering terjadi perselisihan antar kelompok penduduk. Sebelumnya, Zainul Majdi mengatakan adanya tiga penyebab konflik. Yaitu pangan, energi dan air. ”Salah satu atau ketiganya menjadi motif konflik antar kelompok,” katanya.

General Manager BIL Ketut Erdi Nuka menjelaskan sudah menanam 5.000 batang pohon. ”Lima tahun lagi baru bisa kelihatan hijau,” ujar Erdi Nuka. BIL baru dibuka operasinya 1 Oktober 2011 dan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 20 Oktober 2011.

Kepala Dinas Kehutanan NTB Hartina mengatakan hutan kritis di NTB mencapai 570.000 hektar. Sudah berhasi mengatasi 6.000 hektar.(*)

No Comments »

No comments yet.

Leave a comment








Lomboknews.com - 2012 - Media Lombok - Developed by andiraweb.com