Lombok Sumbawa Online

Jual Link/Bandwidth IIX & Internasional Utk Seluruh Indonesia
call. 081-3535-70001 www.andira.co.id
Google
 
Thursday, 21 July 2011 • INTERNASIONAL

BBC - Pesawat Atlantis mendarat untuk terakhir kali di Kennedy Space Centre, Florida, AS dan menutup program ulang-alik NASA yang sudah berlangsung 30 tahun. Roda pendarat Atlantis kembali menjejak bumi menjelang fajar Kamis waktu setempat (09.56 GMT, atau 16.56 WIB).

Keputusan untuk mempensiunkan armada pesawat ulang alik milik badan antariksa Amerika Serikat, NASA, diperintahkan oleh pemerintah AS antara lain karena alasan biaya pemeliharaan yang sangat tinggi.

Akibat keputusan tersebut, Amerika kini tidak lagi memiliki sarana untuk mengirim astronot ke orbit.

NASA berniat untuk mengundang sektor swasta menyediakan jasa angkutan antariksa untuk lembaga tersebut, dan sejumlah perusahaan swasta telah mengembangkan kapal pengangkut kru.

Namun, pesawat-pesawat tersebut mungkin baru siap terbang tiga atau empat tahun lagi.

Untuk sementara, NASA akan mengandalkan jasa Rusia untuk mengirim dan memulangkan astronotnya ke Stasiun Angkasa Internasional (ISS).

Meski angkasa gelap di atas kawasan Space Coast, warga penggemar keluar untuk menyaksikan pendaratan bersejarah Atlantis dari orbit.

Bahkan di Texas, tempat pusat pengendali misi ulang-alik berada, banyak orang berkumpul di luar gerbang Johnson Space Center.

PHK
Pendaratan Atlantis hari Kamis mengaduk-aduk perasaan warga bagi kawasan yang menjadi tuan rumah pusat-pusat antariksa milik NASA. Salah satu sebabnya banyak kontraktor akan kehilangan pekerjaan.

Sekitar 3.000 orang yang selama ini terlibat dalam operasi program ulang-alik NASA akan terkena PHK dalam beberapa hari ke depan.

Program ulang-alik sendiri baru akan resmi berakhir pada penghujung bulan Juli ini, meski perlu waktu beberapa tahun untuk menutup seluruh kegiatan terkait program antariksa tersebut termasuk pengarsipan data teknis ulang-alik yang terkumpul dalam beberapa dekade.

Pesawat Atlantis sendiri akan memasuki masa pensiun dan menghuni anjungan statis di kompleks untuk pengunjung Kennedy.

Pesawat ulang-alik Discovery dan Endeavour menjalani misi antariksa untuk kali terakhir awal tahun ini. Discovery kemudian akan menghuni Museum Udara dan Antariksa di Virginia, sedangkan Endeavour pensiun di Pusat Sains California di Los Angeles.

Nasa sendiri berharap akan menginvestasikan dana yang dihemat dari operasi ulang-alik untuk membuat wahana antariksa baru dan roket yang bisa mengantarkan manusia melampaui Stasiun Angkasa Luar Internasional dan mencapai tujuan seperti Bulan, Mars dan asteroid.(*)

No Comments »

No comments yet.

Leave a comment








Recent Comments
» POTENG JAJE TUJAK SEBAGAI MAKANAN KHAS WARGA SASAK DI LOMBOK
09/21/2014 06:15 pm | 2 Comments
» Perkara Sengketa Tanah Selong Belanak
09/13/2014 12:16 pm | 1 Comment
» Rawan Korupsi, KPK Awasi Dana Pendidikan
09/03/2014 11:28 am | 1 Comment
» KAPAS TEMUAN BATAN DITANGKARKAN DI LOMBOK BARAT
08/30/2014 10:17 am | 4 Comments
» Pergantian Tahun 2013 Di Kawasan Pantai Senggigi
08/28/2014 09:12 am | 1 Comment
Lomboknews.com - 2012 - Media Lombok - Developed by andiraweb.com