JAKARTA – Ketua MPR Taufik Kiemas memberikan keterangan pers usai silaturahmi antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan pimpinan lembaga negara di Wisma Nusantara V, kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senin (18/10) siang. Kepada wartawan, Taufik Kiemas menjelaskan bahwa perkembangan nasional di bidang politik, hukum, ekonomi, hankam, dan sosial budaya menambah keyakinan akan pentingnya empat pilar utama negara, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Dalam aktualisasi empat pilar tersebut perlu pemantapan sistem presidensial secara terus-menerus, serta pemantapan sistem desentralisasi dan otonomi daerah,” ujar Taufik Kiemas. Hal tersebut untuk menjawab penguatan demokrasi Indonesia, antara lain, dalam hal-hal pemantapan sistem politik, sistem pemilu kepala daerah untuk dihasilkannya pimpinan daerah yang baik.

Dijelaskan Taufik, pembangunan di bidang ekonomi strategi pemerintah adalah pro-growth, pro-poor, pro-job dan pro-environment. ‘Mendorong pertumbuhan yang tinggi, memberikan perlindungan sosial serta menekan kemiskinan dan pengangguran adalah menjadi agenda utama bangsa. Untuk mengatasi kesenjangan maka perlu mendorong pemerataan dengan membangun pusat-pusat pertumbuhan baru kawasan ekonomi di daerah,” jelas Taufik.

“Dalam pembangunan bangsa dan negara, maka masing-masing lembaga negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam sistem checks and balances tanpa saling intervensi. dalam pelaksanaan di bidang hukum, maka perlu azas keadilan dan kepastian hukum. Upaya penegakan hukum harus ditegakkan. Pertemuan konsultasi semacam ini sangat memberikan manfaat dalam melihat permasalahan bangsa secara utuh. Ke depan konsultasi akan diteruskan dengan agenda-agenda penting nasional,” Taufik menerangkan.

Pertemuan antara Presiden RI dan pimpinan lembaga negara ini sudah berlangsung tiga kali. “Pertama di Istana Negara, kedua di Bogor, ketiga di sini, dan keempat mungkin di BPK. Jadi terus-menerus. Kalau bisa, kami bertemu paling tidak setahun empat kali. Saya berterima kasih dengan kehadiran Presiden, para ketua lembaga negara dan wakil-wakilnya,” ujarnya menutup keterangan pers.

Nampak hadir antara lain, Wapres Boediono, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, dan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Hadi Purnomo.(arc/presidensby)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here