Lombok Sumbawa Online

Jual Link/Bandwidth IIX & Internasional Utk Seluruh Indonesia
call. 081-3535-70001 www.andira.co.id
Google
 
Wednesday, 25 August 2010 • PARIWISATA

MATARAM – Untuk mewujudkan terbentuknya geopark di Indonesia, harus ada komite nasional yang keberadaannya untuk menangani usulannya tersebut. Ada tiga calon geopark (taman bumi) yang diusulkan untuk dibentuk yaitu Taman Nasional Gunung Rinjani di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), Gunung Batur di Bali dan Gunung Sewu di Pacitan Jawa Timur diusulkan sebagai taman bumi ke United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (Unesco) pertama di Indonesia.

Menurut anggota tetap Taman Nasional Gunung Rinjani Heryadi Rachmat, Pemerintah Provinsi NTB diberikan kesempatan sampai September 2010. Direktur Produksi Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Ahyaruddin sudah meminta Gubernur NTB Muhammad Zainul Madjdi agar kelengkapannya diselesaikan. ‘’Kalau tidak selesai, ya lewat usulannya tahun ini,’’ kata Heryadi, Rabu (25/8-2010) pagi.

Gunung Rinjani telah mendapatkan World Legacy Award dari Conservation International and Traveller (2004) dan finalis Tourism for Tomorrow Awards (2005 dan 2008) dari WTTC (World Travel Tourism Council. Taman Nasional Gunung Rinjani memiliki obyek wisata terlengkap dibanding lokasi yang diusulkan lainnya. Rinjani memiliki gunung, kawah, danau, aliran lava terbaru, pemandangan alam, goa dan air terjun yang sangat indah. Ini merupakan obyek geo wisata yang layak dikembangkan.

Juga sudah ada lembaga yang mengelolanya Rinjani Trekking Management Board. Hanya belum dikunjungi oleh asesor geopark dunia karena belum memperoleh dukungan dokumen dari pihak setempat. ‘’Waktu itu bicara diforum saya bilang Pacitan punya SBY, Batur punya Jro Wacik. Saya berani bertaruh Rinjani sudah terpenuhi sebagai geopark,’’ ujarnya. Salah satu dari sembilan asesor geopark dunia yang berasal dari Malaysia Ibrahim Kamoo seorang guru besar universitas Kebangsaan Malaysia sudah mendatangi Pacitan dan Batur.

Selama ini sudah ada 58 taman bumi di dunia dan di Asia Tenggara baru ada satu diantaranya yaitu di Langkawi Malaysia. Menurut Heryadi Rahmat, sebelumnya gunung Rinjani telah memenuhi syarat-syarat untuk menjadi geopark dari nilai keilmuan, jarang ditemui, pesona keindahan alam. Keunikan sejarah geologi dan keunikan proses geologi. Rencana gunung Rinjani dijadikan geopark adalah untuk menjadikan geoheritage menjadi geodiversity, pelestarian keaneka ragaman geologi. Syarat-syarat geopark dalam jejaring Global Geopark Network United Nations Educational, Scientific and Cultural organization ((GGN UNESCO) adalah geologi dan bentang alam, struktur manajemen pengelolaan, informasi dan lingkungan untuk pendidikan, kegiatan “knowledge-based geotourism” yang dilaksanakan, pelaksanaan ekonomi regional yang berkelanjutan, akses masyarakat terhadap kegiatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah NTB Rosyadi Sayuti menyatakan ketiga lokasi yang telah diusulkan menjadi prioritas untuk diproses sesuai hasil workshop nasional Geopark Indonesia, yang beberapa waktu lalu diselenggarakan Pusat Penelitian Geo Teknologi LIPI di Bandung. ‘’Kami dari tim geopark Rinjani akan bekerja melengkapi dokumen yang diperlukan,’’ kata Rosyadi,

Awal Agustus lalu di Bandung, diselenggarakan workshop yang diselenggarakan oleh LIPI. Ada empat orang pembicara masalah geopark dunia dan lokal yaitu Ketua Geo Teknologi LIPI Iskandar Zukarnain : Aspek-aspek Penting Sebuah Geopark – Suatu Acuan Menuju Pembentukan Geopark di Indonesia, Kepala Museum Geologi Badan Geologi Yunus Kusumabrata : Konsep Lokasi Geopark Indonesia, Eko Haryono dari Fakultas Geografi UGM : Konsep dan Kajian Kawasan Karst Indonesia Sebagai Lokasi Nominasi Geopark di Indonesia. Anggota tetap Taman Nasional Gunung Rinjani Heryadi Rachmat sebagai pembicara inti Konsep Kawasan Rinjani Sebagai Lokasi Nominasi Geopark di Indonesia. Sebagian besar yang diulas Rinjani.

Ada 14 pihak yang diundang. LIPI, Unesco di Indonesia, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, ITB, UGM, Pemerintah Provinsi NTB, Jawa Tengah, Jambi, Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Pusat Promosi batu Mulia Indonesia dan perusahaan pertambangan.(*)

No Comments »

No comments yet.

Leave a comment








Recent Comments
» POTENG JAJE TUJAK SEBAGAI MAKANAN KHAS WARGA SASAK DI LOMBOK
09/21/2014 06:15 pm | 2 Comments
» Perkara Sengketa Tanah Selong Belanak
09/13/2014 12:16 pm | 1 Comment
» Rawan Korupsi, KPK Awasi Dana Pendidikan
09/03/2014 11:28 am | 1 Comment
» KAPAS TEMUAN BATAN DITANGKARKAN DI LOMBOK BARAT
08/30/2014 10:17 am | 4 Comments
» Pergantian Tahun 2013 Di Kawasan Pantai Senggigi
08/28/2014 09:12 am | 1 Comment
Lomboknews.com - 2012 - Media Lombok - Developed by andiraweb.com