MATARAM – Lalu Fathurrahman, 53 tahun, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB), berhasil meraih gelar doktor dari Universitas Gajah Mada, Jum’at (15/8) pagi kemarin. Ujian terbuka yang dijalaninya di depan promotornya Prof. DR.Zukendro MA dan co-promotor DR.Budiono Sri Handoko, ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Dampak Ekonomi Industri Pariwisata Nusa Tenggara Barat yang disampaikannya selama 1,5 jam, ia dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Pada Ujian Terbuka yang berlangsung di ruang BRI Program Doktor dan MSI Fakultas Ekonomika dan Bisnis tersebut, ia menyampaikan disertasinya mengupas pengaruh industri pariwisata dan pemerataan pendapatan terhadap perekonomian masyarakat di NTB. ‘’Ternyata industri pariwisata memang berpengaruh terhadap perekonomian daerah, penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapatannya,’’ kata Fathurrahman yang masih berada di Yogyakarta kepada LombokNews, melalui telepon sewaktu dihubungi dari Mataram, Sabtu (16/8) pagi.

Menurutnya, bahwa industri pariwisata dapat menjadi harapan pertumbuhan ekonomi daerah setelah sektor pertanian. Dikatakannya bahwa industri pengolahan yang lain kecil potensinya dibanding industri pariwisata. ‘’Industri pariwisata sebagai sumber kehidupan karena memiliki potensi yang besar,’’ ujarnya.

Fathurahman yang menjalani kuliah S3-nya pada Program Studi Ekonomi Regional Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan secara mondar-mandir Mataram – Yogyakarta dua hari dalam seminggu selama empat tahun sejak 2004. Penulisan disertasinya diselesaikan selama dua tahun dan waktu konsultasinya termasuk ujian dijalaninya selama 1,5 tahun.

Sebelumnya, Fathurrahman menjalani pendidikannya S1 di Fakultas Keguruan Ilmu Sosial IKIP Yogyakarta (1974-1979), S2 Planning Public Policy & Management University of Oregon Amerika Serikat (1988-1990).

Fathurrahman, kelahiran Lombok Timur 29 Nopember 1954, adalah putra Tuan Guru Haji Zainal Abidin Ali dan Hajah Zakiah. Beristrikan seorang dosen FKIP Universitas Mataram Dra.Hajah Khairunissa Sahidu MPD memiliki tiga orang anak : Baiq Galih Ruby Faharani (24), Baiq Gerisa Rahmi Faharani (22), dan Lalu Gifarul Fahran (11) – peraih medali perunggu Olympiade Sains Nasional – IPA SD yang berlangsung di Makassar, pekan ini.

Hadir pada ujian terbuka tersebut 60 orang anggota keluarga dan kerabat lainnya diantaranya, seorang pengajar FKIP Universitas Mataram DR.M.Husni Muadz, dan para staf Badan Perencanaan Pembangunan Daerah NTB : Kepala Bidang Penelitian Supran, Kepala Bidang PP I Moh.Mahfudz, Kepala Bidang PP II Lalu Bayu Windia.(supriyantho khafid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here